Puasa Kurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

 

JAKARTA—Puasa didefinisikan sebagai tindakan menahan makan, minum, dan nafsu dari waktu imsak hingga terbenamnya matahari dengan niat ibadah kepada Allah SWT.Puasa tidak akan membuat seseorang sakit atau bahkan dapat menyebabkan kurang gizi akibat tidak makan dan minum. Puasa memang mengurangi asupan zat gizi, terutama kalori, dan radikal bebas. Namun dari aspek kesehatan, puasa memberikan faedah bagi kesehatan.

Manfaat kesehatan puasa, menurut Dr Zubairi Djurban diantaranya dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke. Puasa juga dapat mengurangi radikal bebas, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, dan lemak trigliserol. Kadar kolesterol darah yang tinggi secara jangka panjang dapat menyebabkan penyumbatan di saluran pembuluh darah.

Jika terjadi di otak, maka hal itu akan berakibat stroke dan bila terjadi di daerah jantung dapat menyebabkan penyakit jantung. Puasa dapat mengurangi masuknya kalori di dalam tubuh.

Kolesterol yang bersumber dari pangan hewani terdapat di lemak bebas dan trigliserol. Untuk meningkatkan manfaat kesehatan puasa dan mencegah dari penyakit jantung maka disarankan untuk menghindari makanan berlemak dan berkolesterol tinggi, seperti daging merah (daging sapi, kambing, kerbau dan lain-lain).

Perilaku hidup tidak sehat seperti kebiasaan makan makanan berlemak dan merokok dapat memudahkan seseorang terkena penyakit jantung. Konsumsi ikan, buah dan sayur dalam jumlah yang banyak dapat bermanfaat mencegah kita terserang penyakit degeneratif seperti stroke dan penyakit jantung. Sayur dan buah secara tidak langsung akan menyuplai energi secara perlahan.

Puasa juga dapat mengurangi dan membatasi konsumsi kalori. Bagi kesehatan, puasa akan mengurangi produksi senyawa oksigen yang bersifat racun (radikal bebas oksigen). Penumpukan radikal bebas dapat mempermudah kerusakan sel termasuk sel otot jantung.

Kelebihan radikal bebas oksigen yang bersumber dari karbohidrat dapat menyebabkan penyakit degeneratif, termasuk penyakit jantung dan stroke. Puasa bisa menekan produksi radikal bebas sekitar 90 persen dan meningkatkan antioksidan sekitar 12 persen.

Puasa juga dinilai dapat menormalkan kadar gula darah dan menurunkan suhu tubuh. Muslim yang berpuasa dapat merasakan manfaat puasa bagi kesehatan jika puasa dilaksanakan secara benar sesuai dengan tuntunan.

sumber : http//koran.republika.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s