Mata Kiri Tak Bisa Melihat Akibat Kecelakaan

Dokter, dua bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan dan telah menjalani 2 kali operasi yakni yang pertama operasi retakan di sekitar mata sebelah kiri dan yang kedua adalah operasi rahang kiri yang patah.

Yang ingin saya tanyakan adalah butuh waktu berapa lama untuk memulihkan kondisi seperti semula karena mata saya yang sebelah kiri sampai saat ini masih belum bisa melihat (kalau kedip antara mata kanan dan kiri sudah normal/sama) dan berapa lama rahang saya bisa membuka dengan sempurna?

Karena sampai saat ini pula saya masih kesusahan untuk membuka mulut sehingga untuk makan atau minum masih sulit. Mohon penjelasannya dokter adakah tips yang perlu saya lakukan untuk kondisi saya yang lebih baik. Terimakasih.

Ali (Pria Lajang, 24 Tahun), reduplah@yahoo.com

Jawaban

Untuk memastikan mata kiri dapat melihat kembali seperti keadaan semula diperlukan pemeriksaan mata secara keseluruhan. Agar mata dapat melihat diperlukan komponen-komponen mata yang sehat, antara lain saraf-saraf mata, retina, cairan vitreus, lensa dan kornea.

Jika terdapat kerusakan pada salah satu komponen tersebut, dapat dipastikan akan terjadi gangguan penglihatan dan waktu kesembuhannya tergantung dari derajat keparahan yang diderita. Untuk kasus ini, karena sudah berjalan dua bulan maka ada baiknya memeriksakan fungsi mata pada dokter mata agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Untuk masalah rahang kiri yang belum bisa membuka sempurna, hal ini tergantung pula dari derajat keparahan. Jika semakin parah maka akan semakin lama pula proses kesembuhannya. Sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis bedah mulut untuk mengetahui masalah dan penanganan lebih lanjut.

sumber : http://www.detikhealth.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s