Ilmuwan Temukan Cara Baru Perbaiki Jantung Rusak

LONDON – Ada cara baru untuk mengobati penyakit jantung. Ilmuwan telah menemukan metode baru untuk membujuk sel otot jantung agar bisa masuk kembali ke siklus sel.

Hal ini memungkinkan sel dewasa yang telah terdiferensi terbagi dan memperbaharui jaringan jantung sehat seorang pasien setelah dia terkena serangan jantung.

Professor Jeremy Pearson dari British Heart Foundation bersama dengan timnya telah mengadakan penelitian terhadap tikus.

Dalam studi tersebut, mereka mendapat kesimpulan bahwa metode yang diterapkan pada tikus dapat berlaku juga pada mekanisme pengobatan kerusakan jantung pada manusia.  Demikian keterangan yang dikutip dari BBC, Senin (27/7/2009).

“Kami telah mengidentifikasi elemen penting yang berguna untuk mendorong terjadinya regenerasi myocardical,” kata Pearson.

Pearson melanjutkan, studi yang dilakukannya memperlihatkan bahwa fraksi signifikan dalam sel jantung dewasa pada tikus dapat digunakan untuk meniru dan membantu memperbaiki jantung yang rusak.

“Jika mekanisme yang sama terdapat pada jantung manusia, maka kemungkinan besar metode ini pun bisa menjadi cara yang efektif untuk diterapkan pada manusia. Terutama bagi penderita gagal jantung atau bahkan kerusakan jantung sejak lahir,” tandasnya.

sumber : http://www.techno.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s